Halaman

SCTV

Minggu, 15 Desember 2013

Review Smartphone Axioo Picophone X One: Ponsel Lokal Sensasi Internasional



Di segmen smartphone, nama Axioo sudah cukup bersuara seperti halnya produk-produk PC dan laptopnya. Kini, vendor lokal ini mulai meningkatkan kelasnya sebagai produsen smartphone dengan menghadirkan Picopad 4 GDS atau yang disebut juga sebagai Picophone X One yang tidak hanya memiliki desain premium, tetapi spesifikasi di dalamnya juga terbilang tangguh untuk menangani aplikasi, game, dan multitasking terkinian.

Design

Dibalut dengan material plastik yang berwarna hitam solid, Picophone X One hadir dengan wujud yang minimalis namun elegan. Pada sisi body dibalut dengan bezel dengan aksen senada dengan warna hitam yang menyelimutinya. Sementara body belakang memiliki gestur bak kulit sintetis yang membuatnya mantap untuk digenggam sekaligus menambah nilai kemewahan secara kasat mata.



Asyiknya lagi, PicoPad 4 GDS juga disertakan dengan bonus case kulit yang tidak hanya melindungi layar tetapi juga membuatya kian mewah dan penuh gaya. Baik dipasangkan dengan case atau tidak, smartphone ini tetap memiliki postur yang istimewa dari sisi desain. Ini adalah kemutakhiran tersendiri dalam sebuah desain ponsel lokal.


Dengan dimensi 135mm x 70mm x 8,6 mm, Picophone X One tentunya memiliki ukuran yang proporsional ditinjau dari bobotnya yang harnya 132 gram. Kerampingan dan keringanan smartphone ini membuatnya mantap untuk digenggam sekaligus nyaman disimpan dalam saku.
Display
Kecerahan layar merupakan salah satu nilai lebih dari Picophone X One. Hal ini tak lain berkat penggunaan LCD Super AMOLED berteknologi Retina Display pada layarnya yang membentang seluar 4,65 inci. Dalam berbagai kondisi cahaya, layar sangat nyaman untuk dipandang, senyaman menatap desainnya yang elegan.

Dengan resolusi layar sebesar 1280 x 720 piksel, tentu membuat pengguna dapat menyaksikan video full HD dengan kualitas yang semestinya. Kerapatan pikselnya juga terbilang sangat mumpuni untuk menghadirkan gambar yang detil dan cemerlang.

Performance
Picophone X One sepertinya tidak ingin tampil hanya dengan menawarkan kelebihan dari sisi desain saja. Pasalnya, di sisi dapur pacu, smartphone ini terbilang perkasa untuk mengoperasikan berbagai aplikasi berat dan game-game 3D dan HD yang menguras tenaga. Ketika JerukNipis mencoba game running seperti The End yang memiliki grafis tinggi, tidak ditemukan adanya sendatan-sendatan yang membuat permainan terganggu. 

Hal tersebut sangat dimungkinkan dengan adanya prosesor quad-core MediaTek MT6589 1,2 GhZ , GPU PowerVR SGX544; dan RAM 1GB yang masuk dalam jajaran spesifikasi premium. Media penyimpanan yang hanya 4 GB juga bisa ditambah hingga 32 GB dengan adanya slot memori eksternal microSD.
Software
Berjalan di OS Android 4.1.2 Jelly Bean,Picophone X One tidak menawarkan kelebihan apapun di sisi user interface. Tampilannya terbilang standar bawaan dari OS Android Jelly Bean. Namun, untuk aplikasi bawaan, smartphone ini menyertakan aplikasi Love Indonesia, Kingsoft Office, Soccer Ticker, dan Radio FM. 
Camera
Picophone X One terbilang memiliki performa mengejutkan dari kemampuan kamera. Pasalnya, smartphone ini menggunakan teknologi BSI 2 pada kamera belakangnya yang beresolusi 8 MP seperti yang digunakan pada iPhone 4. Dengan begitu, momen-momen yang ditangkap dengan kamera ini terpapar begitu indah, detil, dan dapat diandalkan untuk berbagai kondisi pencahayaan baik indoor maupun outdoor. 


Untuk mendukung aspirasi selfie atau kenarsisan pengguna, Picopad 4 GDS memiliki kamera depan beresolusi 1,0 MP yang juga bisa diandalkan untuk video-call. Sepertinya memang Axioo begitu pol-polan menghadirkan fitur kamera yang ciamik pada smartphone ini.
Multimedia
Axioo juga tampaknya mengedepankan fitur multimedia pada smartphone ini. Dengan layarnya yang beresolusi tinggi, Picophone X One dapat memutar berbagai format video, seperti 3GP, AVI, H.264, AVC, dan MPEG-4, dengan kecepatan 30 frame per detik (fps).
Keluaran suara pada load speaker-nya juga tidak mengecewakan karena terdengar jernih dan nyaman di telinga, meskipun bukan diperuntukkan untuk volume maksimal. Teknologi DTS sound pada smartphone ini juga diperkuat dengan kemampuannya memutar berbagai format audio, seperti MP3, WAV, AMR, MIDI, 3GPP, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, dan PCM.
Battery

Mengusung baterai Lithium berkapasitas 2.100 mAh, Picophone X One bisa standby hingga 300 jam dan 12 jam untuk penggunaan normal. Kapasitas ini memang tidak tergolong istimewa, tetapi cukup mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari.
Benchmark
Dengan spesifikasi yang ditawarkan, Picophone X One memang tergolong sangar. Hanya saja, dibandingkan dengan smartphone flagship dari beberapa vendor ternama, smartphone ini harus mengakui kekurangan dirinya. Untuk detilnya, simak saja benchmark dari berbagai platform yang digunakan JerukNipis sebagai berikut:
AnTuTu



Secara keseluruhan memang hampir tidak ada aspek yang mengecewakan dari Picophone X One. Baik dari desain, spesifikasi, hingga sistem operasi, smartphone ini merupakan paket sempurna yang harus dimiliki setiap vendor lokal untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan harga jualnya yang berbandrol sekitar Rp 2.659.000, tentu saja smartphone ini menjadi pilihan yang kompetitif bagi mereka yang ingin mendapatkan smartphone dengan performa prima sekaligus penuh gaya.
Top Notch
-Prosesor MediaTek MT6589 quad-core 1.5 GHz
-Layar 4,65 inci Super AMOLED+Retina Display
-1 GB RAM, 4GB ROM ( up to 32 GB via MicroSD slot)
-OS Android 4.1.2 Jelly Bean
-Dual-SIM
-Speaker DTS Sound
-Kamera belakang 8 MP teknologi BSI 2, kamera depan 1,0 MP
-Baterai lithium 2.100 mAh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar